Wednesday, April 12, 2006

About me..

Jadi dapet ide!

Well, sebenernya selama ini aku kesulitan nemuin orang yang punya pemikiran sama.

Emang ga pernah nyari sih...

Tapi, tentang ‘pemikiran’ yang aku singgung sebelumnya…

Bukan masalah idealisme atau ideologi –melainkan cara berpikir, way of thinking, cara memandang dan menghadapi masalah dan cara mencari solusinya.

Tentang ‘pemikiran’ yang aku singgung sebelumnya…

Aku baru menemukan dua orang yang punya pemikiran sangat sama alias identik dengan pemikiranku. Dan dua-duanya has passed away alias telah berpulang karena dua-duanya hidup di awal abad dua puluh ini (-_- ;)

Yang pertama Antoinne de-Saint-Exupery yang ngarang buku Le Petit Prince.

Pada suatu sore waktu semester dua dulu seperti biasa aku sering window shopping ke gramed nyari judul buku-buku baru (fiksi). Trus di tumpukan buku-buku baru yang dipajang, aku baca-baca resensinya. Well, aku kaget banget waktu baca Le Petit Prince ato The Little Prince-nya Exupery. Seratus persen aku yakin itu adalah cerita yang bikin aku mimpi buruk setiap malam waktu kelas dua SD. Film yang pernah aku tonton n’ bikin tidur aku ga nyenyak karena ngebikin aku takut mati. Akhirnya aku baca juga cerita aslinya…

Ternyata lebih mengerikan daripada filmnya.

Tapi aku bisa lebih banyak nangkep esensinya daripada dulu.

Walo akhir ceritanya ga happy-ending (seperti yang sudah aku tahu, di filmnya digambarin kalo pangerannya dimakan ular piton raksasa), tapi aku bahagia, ternyata aku ga sendirian.

Ada orang lain yang ga ngerti dengan dunia orang dewasa. Mr. Exupery adalah pilot AU Prancis, tapi dia ga suka dengan kerumitan dunia orang dewasa yang penuh intrik dan ketidakjujuran. Dia ngegambarin orang dewasa di bukunya sebagai penghuni planet2 asing yang mengerikan…

Yang kedua Sir James Matthew Barry. Aku baru tahu ada orang ini waktu nonton film Finding Neverland yang diperanin Johny Depp. Dia yang bikin cerita Peter Pan yang terkenal itu. Dia temennya Sir Arthur Conan Doyle yang nyiptain tokoh Holmes. Semua yang tahu cerita Peter Pan, pasti tahu kalo Peter Pan adalah anak yang ga bisa jadi tua. Di film itu diceritain proses gimana Sir James bisa ngarang Peter. Ternyata Neverland –pulau tempat tinggal Peter Pan dan kawan-kawannya, adalah tempat khayalan di otak Sir James saat lagi ga di dunia nyata. Lumayan kaget, aku juga punya tempat yang mirip kaya gitu, The Island of My Dream. Padahal sebelumnya aku ga begitu tertarik sama cerita Peter Pan.

Aku jadi tertarik buat baca script aslinya Peter Pan (bukan yang udah jadi buku bergambar anak-anak, karena ternyata Peter Pan pada awalnya adalah drama yang diperuntukkan untuk para orang tua –bangsawan London). Ternyata cerita Peter Pan itu akhirnya ga bahagia juga. Malah menimbulkan kesan ga enak. Setelah Wendy balik ke bumi dan tumbuh jadi orang dewasa, Peter suka dateng beberapa tahun sekali dan ga bertambah tua sedikit pun. Sampe akhirnya Peter maen sama anaknya Wendy, bahkan sama cucunya…dan Peter blom nambah tua.

Sekali lagi, aku nemuin orang yang ga pengen ninggalin kepribadian kanak-kanaknya…

Aku pikir, kenapa semua penghuni bumi ini ga bisa sepolos anak kecil. Ga bisa sejujur mereka. Ga bisa sebahagia mereka. Ga bisa sebersih mereka…

Mereka ga pernah berpikir macem-macem. Otak mereka diisi warna-warna cerah yang ga kebayang sama orang dewasa.

Kalo semua orang punya sedikit kepribadian kanak-kanak dalam dirinya, mungkin ga bakal ada perang di dunia ini. Ga bakal ada penjahat di dunia ini…mungkin…

1 comment:

Weko Abhinimpuno said...

Ulasan menarik...