Thursday, April 13, 2006


Aneh juga, aku nemuin ayat yang sedikit ‘lucu’ di Al-Qur’an. Sepertinya, dari arti maupun tafsirnya, sebenernya ini adalah ayat yang sangat serius bahkan termasuk ayat-ayat peringatan. Tapi ga tau knapa aku ngliatnya jadi ngebayangin kalo Allah itu humoris juga…

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan menjulang sampai setinggi gunung.” (Al-Israa : 37)

Aku jadi ngebayangin cerita anak-anak cina yang nyeritain seorang anak yang ngegali tanah sampe bisa tembus ke amerika, padahal ga mungkin bgt nembus perut bumi yang panas itu ya?

Tapi bener juga, dengan segala argument bahwa kita ga berhak buat sombong, ayat ini make gaya hiperbolis yang menurut aku efeknya jadi sdikit kocak.

Kita kadang jadi riya & sombong gara-gara ngelakuin ato ngrasain sesuatu yg sbenernya kecil bgt. Trus di ayat ini digambarin secara fisik klo wajar aja kita sombong kalo dah bisa nembus bumi ato tinggi kita dah segunung, padahal sampe kapan pun itu ga mungkin…

Aku jadi tersadar, sekali lagi, kita emang lemah kok…

Orang tertinggi di dunia aja paling cuma nyampe 2.5 meter, itu pun kalo kena longsor, letusan gunung brapi, tenggelem di laut, ato dikejar-kejar harimau di afrika tetep aja ga bisa apa-apa...

Allahu’alam.

No comments: